Header Ads

DesaNgawi.ID

Potensi Desa

Luas Desa Talang mencapai 92,985 Ha dengan rincian untuk luas tanah sawah 52. 460 Ha, pekarangan atau bangunan 25.665 Ha, tegalan 10.000 Ha dan lain-lain 4.860 Ha (Profil Desa Talang, 2007). Dengan kondisi topografi yang demikian itu menjadikan penduduk Desa Talang mayoritas lebih menitikberatkan pada sektor pertanian.

Menurut data survei Badan Statistik Ngawi (dalam profil Desa Talang 2006), Talang merupakan desa yang penduduknya berada pada taraf masyarakat desa pra sejahtera dengan rincian sebagai berikut: untuk keluarga Pra Sejahtera terdapat 300 Kepala Keluarga (KK), Keluarga Sejahtera I terdapat 10 Kepala Keluarga, dan Keluarga Sejahtera II sebanyak 15 Kepala Keluarga. Adapun kategori untuk masyarakat desa pra sejahtera, diantaranya adalah jenis lantai bangunan tempat tinggal terluas kebanyakan masih tanah, sedangkan jenis dinding bangunan tempat tinggal terluas masih menggunakan bambu atau rumbia.

Untuk tingkat pendidikan masyarakat Desa Talang dapat dikatakan masih rendah, misalnya untuk masyarakat buta aksara terdapat 106 orang, penduduk yang tidak menamatkan Sekolah Dasar atau yang sederajat sebanyak 150 orang dan hanya 10 orang yang menamatkan perguruan tinggi dari jumlah penduduk 1416 orang. Hal inilah yang juga berpengaruh terhadap pola pikir dalam kehidupan sehari-harinya.