Header Ads

DesaNgawi.ID

Program Kesehatan Lingkungan Desa Talang

Desa Talang telah mendeklarasikan desanya menjadi DESA ODF (Open Defication Free). Semua masyarakat Desa Talang telah Buang Air Besar (BAB) hanya di jamban sehat dan membuang tinja/kotoran bayi hanya di jamban sehat. Tinja manusia tidak terlihat di lingkungan sekitar desa baik di sawah, aliran sungai, aliran selokan, dan tempat-tempat yang berpotensi untuk buang air besar sembarangan.

Desa Talang memiliki penerapan sangsi/peraturan kepada masyarakatnya apabila buang air besar sembarang tempat. Upaya ini ditegakkan agar masyarakat sadar dan tahu akibatnya jika buang air besar sembarang tempat. Desa Talang memiliki mekanisme monitoring yang dibuat masyarakat untuk mencapai 100% KK yang mempunyai jamban sehat.

Upaya masyarakat Desa Talang yang jelas dan tertulis menuju Desa ODF tidaklah mudah. Semua lapisan masyarakat berpartisipasi dalam mewujudkan sanitasi total di desanya. Sanitasi Total masyarakat Desa Talang meliputi :

  1. Mempunyai akses dan menggunakan jamban sehat.
  2. Mencuci tangan memakai sabun dengan benar setelah buang air besar, sebelum memegang bayi, setelah menceboki anak setelah buang air besar, dan sebelum menyiapkan makanan.
  3. Mengelola dan menyimpan air minum dan makanan yang aman.
  4. Mengelola limbah rumah tangga (cair dan padat).
  5. Program Pengendalian Penyakit Menular dan Tidak Menular

No comments